twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

September 26, 2010

Waspadai Penipu yang Meminta Pulsa di Facebook

6Jangan terkecoh jika ada teman di Facebook minta dikirimi pulsa. Anda bisa jadi korban penipuan karena aksi ini sedang marak di Facebook.

Penipu biasanya mengirim permintaan pulsa dari akun Facebook orang lain yang sudah di-hack, sehingga korbannya kadang tidak menyadarinya.

Namun beberapa user berpengalaman mungkin tahu jadi target penipuan, dari pesan yang dikirim. Misalnya saja pesan itu berisi panggilan mba atau mas yang tak pernah menggunakan kata sapaan itu sebelumnya.

Analis Antivirus dan Keamanan Komputer Vaksin.com, Alfons Tanujaya mengatakan ada beberapa dosa Facebook yang secara tidak langsung menyebabkan maraknya penipuan ini.

Salah satu hal yang sering dieksploitasi orang jahat adalah API (Aplication Programming Interface), di mana Facebook memberi akses bagi programmer untuk menggunakannya.

Hacker bisa memanfaatkan fasilitas Facebook itu dan siapapun yang mengakses program buatan hacker ini otomatis terbajak. Hacker akhirnya dapat mengakses teman dari akun yang sudah dibajak.

“Bayangkan saja, jika ada banyak orang yang mengakses program ini, maka semakin banyak akun yang bisa diakses hacker,” ujar Alfons.

Berbekal program tersebut, hacker dapat mengakses akun para pengaksesnya dan mengirimkan pesan yang sama ke seluruh teman pengakses itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar